PROGRAM KEGIATAN POSYANDU DESA JETAK TH. 2021

PROGRAM KEGIATAN POSYANDU BALITA DESA JETAK TH.2021

KEGIATAN POSYANDU

Kegiatan lansia ini dilaksanakan pada :

Hari           : Rabu

Tanggal     : 15 September 2021

Pemerintah Desa Jetak Kecamatan Wedarijaksa melalui kader-kader pemberdayaannya melakukan kegiatan Posyandu secara rutin. Kegiatan ini biasa dilakukan setiap tanggal 14 setiap bulannya di Balai Desa. Karena  kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh layanan kesehatan bagi ibu dan anak balita.

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu  dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.Manfaat Mengikuti Kegiatan Posyandu. Mulai dari memeriksa, menimbang berat badan, pengukuran tiinggi badan dan pemberian vitamin oleh oleh petugas kesehatan. Mahasiswa KKN-IK IAIN KUDUS juga mengikuti pendampingan  kegiatan program kegiatan posyandu sebagai bentuk pengabdian kepada warga masyarakat Desa Jetak.

Kegiatan posyandu dan manfaatnya bisa diperoleh tanpa mengeluarkan biaya, sehingga sangat meringankan beban ekonomi masyarakat. Selain itu, posyandu juga memiliki banyak manfaat lain yang meliputi:

  • Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI  dan pencegahan penyakit
  • Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk
  • Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan
  • Memberikan imunisasi lengkap.

Mahasiswa KKN-IK IAIN KUDUS juga mengikuti pendampingan  kegiatan program kegiatan posyandu sebagai bentuk pengabdian kepada warga masyarakat Desa Jetak.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan