KEGIATAN POSYANDU BALITA DESA JETAK

Pemerintah Desa Jetak Kecamatan Wedarijaksa melalui kader-kader pemberdayaannya melakukan kegiatan Posyandu secara rutin. Kegiatan ini biasa dilakukan setiap tanggal 14 setiap bulannya di Balai Desa. Karena  kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh layanan kesehatan bagi ibu dan anak balita.

Di Posyandu kita bisa mendapatkan berbagai macam pelayanan kesehatan yang utama, yaitu :

  1. Kesehatan Ibu dan Anak 

Diantara kegiatan posyandu adalah Penimbangan Balita,  penimbangan balita secara rutin di posyandu bertujuan untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.

Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dapat diketahuii status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

  1. Keluarga Berencana (KB)
  2. Imunisasi

Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi.
Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah:

  • BCG untuk mencegah penyakit TBC
  • DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus
  • Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
  • Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).
  1. Peningkatan Gizi

Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa penyuluhan tentang ASI, status gizii balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

  1. Pencegahan & Penanggulangan Diare

Yaitu dengan menyediakan oralit di posyandu, melakukan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di Puskesmas & memberikan penyuluhan penanggulangan diare oleh kader posyandu.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan